Monday, March 25, 2024

Dari Menu Sang Anak Menjadi Bisnis Besar

Konten [Tampil]
Makanan pendamping ASI atau lebih dikenal dengan istilah MPASI, biasanya diberikan kepada bayi sejak berusia enam bulan. Biasanya bubur bayi organik menjadi pilihan bagi para ibu karena bahan makanan yang terkandung di dalamnya aman bagi kesehatan bayi. Bubur organik merupakan bubur dengan bahan utama menggunakan bahan-bahan organik, yakni bahan makanan yang tanpa ada bahan pestisida, pupuk kimia ataupun bahan sintetis. 


Bagi sebagian orang mungkin usaha bubur bayi dipandang sebelah mata, hanya makanan pendamping ASI bagi bayi. Berbeda dengan sudut pandang dari pasangan Eka Sri Mulyaningsih dan Eko Priyanto, baginya bubur makanan pendamping bagi anak merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Pada hari itu, saya dan dua orang rekan kerja kantor sedang berkunjung ke sebuah perusahaan produk makanan bayi di daerah Bojong Gede Kabupaten Bogor. Bubur O-NIC namanya, bagi saya merupakan sebuah nama unik. 


Dari penuturan cerita pak Eko Priyanto sebagai pemilik perusahaan, usahanya dimulai pada tahun 2015, bermula ketika istrinya ingin memberikan makanan yang terbaik bagi buah hati mereka, membuat MPASI berupa bubur bayi organik. Bubur bayi organik yang dibuatnya selalu berlebih, sehingga sering dibagikan kepada tetangga yang memiliki bayi. 


Para tetangga merasa cocok dengan bubur yang dibuat oleh sang istri, setiap hari mereka sering melakukan pemesanan bubur bayi organik dan semakin bertambahnya permintaan bubur bayi organik. Dari sana akhirnya pasangan ini, memulai merintis usaha dengan membuka satu outlet kecil yang dikelola oleh sang istri yang saat itu sambil mengelola usaha bimbingan belajarnya. 


Bertambahnya permintaan pesanan bubur organik, membuat istrinya merasa kewalahan sehingga pada akhir tahun 2016 beliau berhenti dari pekerjaannya. Pasangan suami istri itu bersama-sama, mulai mengembangkan dan berinovasi bagi usaha bubur bayi organiknya. Dari satu outlet hingga memiliki beberapa cabang dan outlet yang tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Jakarta, Kota Bekasi, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Karawang.
Tanggal 16 Juli 2020, kunjungan saat sosialisasi produk digital kepada salah satu UMKM

No comments:

Post a Comment